Jaringan Komputer

Posted: 12 April 2012 in Uncategorized

Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah kumpulan beberapa komputer yang saling terhubung atau terkoneksi dengan media tertentu yang diawasi pengendali teknis.
Dua unit komputer dikatakan terkoneksi apabila keduanya bisa saling bertukar data/informasi, berbagi resource yang dimiliki, seperti file, printer, media penyimpanan. Data yang berupa teks, audio maupun video bergerak melalui media kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna komputer dalam jaringan komputer dapat saling bertukar file/data, mencetak pada printer yang sama dan menggunakan software yang terhubung dalam jaringan secara bersama-sama.
Tiap komputer, printer atau peripheral yang terhubung dalam jaringan disebut dengan node. Sedangkan komputer yang berperan sebagai klien disebut host. Sebuah jaringan komputer sekurang-kurangnya terdiri dari dua host atau lebih, dapat berjumlah puluhan, ribuan atau bahkan jutaan dengan beberapa node yang saling terhubung satu sama lain.

Manfaat Jaringan Komputer
Secara umum, jaringan mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang stand alone dan dunia usaha telah mengakui bahwa akses ke teknologi informasi modern selalu memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing yang terbatas dalam bidang teknologi. Adapun beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan secara umum jika menggunakan teknologi jaringan yaitu :

1. Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien.
2. Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap handal.
3. Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing)
4. Jaringan memungkinkan untuk berkomunikasi dengan lebih efisien.
5. Jaringan membantu usaha dalam melayani klien secara lebih efektif.

Akses jarak-jauh ke data terpusat memungkinkan kita dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan kita tanpa harus bertemu muka secara langsung, sehingga dapat mengefekifkan waktu dan biaya untuk hal pelayanan klien. Selain itu klien bisa langsung kompalin pada kita jika ada pelayanan dari kita yang tidak memuaskan mereka, tanpa harus mengetahui dimana posisi kita sekarang.

Kerugian Jaringan Komputer
Kerugian dari jaringan komputer juga banyak apabila tidak disadari dari awal. Berikut beberapa kerugian dari implementasi jaringan.
1. Biaya yang tinggi
2. Manajemen perangkat keras dan administrasi sistem
3. Sharing file yang tidak diinginkan
4. Aplikasi virus dan metode hacking

Klasifikasi Jaringan Komputer
Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN) biasanya digunakan oleh jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN juga seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama resource (misalnya printer atau scanner) dan saling bertukar informasi.
Sebuah LAN adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relative kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan dan biasanya jarak antar node tidak lebih jauh dari sekitar 200 m. LAN seringkali menggunakan teknologi transmisi kabel tunggal (hanya 1 jenis) dan memiliki kecepatan 10 sampai 100 Mbps dengan delay rendah.

Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya memakai teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN biasanya mampu menunjang data dan suara, dan bahkan dapat behubungan dengan jaringan televisi kabel. MAN hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel.

Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang biasanya sudah menggunakan media wireless, sarana satelit, ataupun kabel serat optik, karena jangkauannya yang lebih luas, bukan hanya meliputi satu kota atau antar kota dalam suatu wilayah, tetapi mulai menjangkau area/wilayah otoritas negara lain.
Biasanya WAN lebih rumit dan sangat kompleks bila dibandingkan LAN maupun MAN, karena menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN, MAN dan WAN ke dalam komunikasi global seperti internet, meski demikian LAN, MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal. Hanya lingkup areanya saja yang berbeda satu dengan yang lain.

Tinggalkan komentar